Keeksotisan Puncak Karomba, "Negeri di atas Awan" Pinrang



Apakah kamu pernah membayangkan tinggal di atas awan? Atau berada di suatu tempat yang di kelilingi oleh awan? Harapan dan impian tersebut kini bukan tidak mungkin atau mustahil dilakukan. Terutama jika kamu berkunjung ke salah satu objek wisata yang bernama “Negeri Diatas Awan”, di salah satu Kabupaten di Sulawesi Selatan. Mendengar namanya saja, pasti kalian akan memikirkan hal-hal yang seru tentang betapa menyenangkannya berada di tempat yang dimanjakan oleh pemandangan indah awan-awan eksotis yang seputih salju, kan?. Pasti, dong!. Dijamin suasana yang disuguhkan disana itu seperti berada di atas awan loh guys!.

“Negeri Di atas Awan”. Penduduk lokal disana menyebutnya Puncak Karomba, berada di sebuah dataran tinggi di Desa Betteng, Kecamatan Lembang, Kabupaten Pinrang, Sulawesi Selatan. Karena berada di daerah pegunungan yang ketinggiannya mencapai 1.200 meter dari permukaan laut (mdpl) inilah yang membuat suasana yang terlihat seakan sekumpulan awan menyelimuti area ini. Tempat ini juga masih terbilang baru sejak dibangun sekitar tahun 2013. Namun baru mulai di optimalkan sebagai objek wisata sejak tahun 2016 lalu. Walaupun terbilang masih cukup baru, objek wisata ini sangat populer di kalangan para remaja hingga dewasa bahkan tak jarang pula terdapat wisatawan yang berasal dari luar Sulawesi maupun wisatawan mancanegara.

Bagi para pengunjung yang ingin menikmati pemandangan di Puncak Karomba ini kalian tidak harus mengeluarkan biaya, lho!. Alias masih gratis. Jadi buat kalian yang mengaku sebagai traveller sejati dan remaja kekinian bisa puas-puasan buat selfie OOTD ala-ala selebgram di beberapa spot yang disediakan. Adapun spot-spot yang paling hits yang sering dijadikan tempat foto yaitu jembatan gantung. Jembatan gantung ini menghubungkan dua bukit sehingga pemandangan yang disediakan disana sangatlah memanjakan mata dimana setiap detiknya diselimuti oleh gumpalan awan. Walaupun jembatan tersebut tidak terlalu tinggi, namun tetap memberikan sensasi tersendiri seakan berjalan diatas awan. Selain itu ada juga beberapa spot yang lain yang tak kalah hitsnya, seperti rumah adat Toraja, kafe, danau, serta villa-villa yang tersedia.

Biasanya para pengunjung menghabiskan waktu dari pagi atau sore untuk menikmati pemandangan indah dari sisi bukit. Keindahan saat matahari terbit maupun saat matahari terbenam. Dari sana kita dapat saksikan hamparan awan indah yang menutupi hampir seluruh bagian bukit.


Dan terakhir. For You Information, Lokasi objek wisata Puncak Karomba ini berjarak kurang lebih 70 Kilometer dari arah utara kota Pinrang. Desa ini berbatasan langsung dengan Kabupaten Mamasa, Sulawesi Barat di bagian utara dan Kabupaten Tana Toraja di bagian timur. Dari Kota Pinrang, butuh waktu sekitar 3 jam untuk sampai di lokasi dengan menggunakan kendaraan.

Untuk sampai di lokasi Puncak Karomba ini, kita harus melalui jalanan yang mendaki, berliku, menanjak, berlubang, hingga turunan yang curam. Namun jangan khawatir guys!. Karena pemandangan yang akan kita lewati tak kalah menarik dan indah. Kita bisa melihat beberapa pegunungan hijau, air terjun, hingga beberapa perkampungan penduduk lokal yang unik.

Untuk kalian yang berada di luar Sulawesi dan ingin mengunjungi Puncak Karomba, tidak perlu khawatir. Dari Bandara Sultan Hasanuddin, kalian menuju kota Makassar untuk menyewa kendaraan atau menggunakan jasa travel. Dari Makassar  ke Pinrang berjarak kurang lebih 185 km atau butuh waktu sekitar 4-5 jam jika perjalanan tidak mengalami kemacetan. Tak perlu khawatir jika kalian merasa lelah dan butuh istirahat saat perjalanan menuju ke Makassar. Jangan khawatir. AiryRoom Solusinya!. AiryRoom tersedia lebih dari 70 kota di Indonesia, salah satunya AiryRoom Makassar yang berlokasi di 7 tempat yang berbeda yang dekat dengan akses akomodasi di Makassar. Kamar yang disediakan juga ada banyak. Salah satunya kamar yang ada di AiryRoom Panakkukang Pasar Segar Pengayoman ini.




Tak perlu pusing masalah biaya, dikarenakan harga kamar yang tersedia di AiryRoom sangat terjangkau dan ramah dikantong permalamnya dengan dilengkapi fasilitas yang terbaik sesuai dengan standar kenyamanan AiryRoom. Selain itu, terdapat banyak promo yang disediakan. Untuk melakukan pemesanan juga mudah karena kalian bisa memesan secara online lewat aplikasi mobile atau website. Metode pembayarannya juga sangat fleksibel. Jadi #KapanAjaBisa menggunakan AiryRoom.

Jika kalian suatu saat pelesir ke Sulawesi Selatan jangan lupa berkunjung ke Puncak Karomba serta jika kalian ingin merasakan kenyamanan dalam akomodasi dengan harga yang terjangkau, #KapanAjaBisa mampir ke AiryRoom!. Ciptakan pengalaman yang menyenangkan dan tak terlupakan saat liburan.


Comments

Popular Posts